Sabtu, 20 Juli 2019

PROSEDUR PEMBERITAHUAN PERUBAHAN JADWAL PENERBANGAN

3.5.4  PROSEDUR PEMBERITAHUAN PERUBAHAN JADWAL PENERBANGAN

Untuk setiap menjaga kualitas layanan jika terjadi peubahan jadwal penerbangan ,maskapai akan segera menyampaikan informasi perubahan yang di maksud kepada pelanggan.

Informasi yang di sampaikan bertujuan agar pelanggan dapat mengatur ulang rencana perjalanannya yang telah dijadwalkan pada kota tujuan. Hal ini akan sangat mungkin membuat ketidaknyamanan pelanggan,maka petugas dalam menyampaikan pemberitahuan perubahan jadwal keberangkatan harus sesuai dengan standar prosedur sebagai berikut:

1. Sebelum bertugas,petugas wajib menyiapkan diri dari segi penampilan,kelengkapan seragam,atribut serta perlengkapan seragam,atribut serta perlengkapan pekerjaan yang di butuhkan.

2. Petugas menghubungi pelangan atau agen penjualan untuk menginformasikan mengenai perubahan jadwal penerbangan beserta alasannya dengan memberi senyum ramah,salam dan menyapa (3S) mengucapkan :
"SELAMAT PAGI / SIANG / SORE / MALAM DENGAN ... (nama petugas) DDARI MASKAPAI. DIKARENAKAN ALASAN ... (alasan perubahan jadwal penerbangan), KAMI MEMYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF ATAS PERUBAHAN JADWAL,NOMOR PENERBANGAN ... KE ... (tujuan) TANGGAL ... JAM ... PERUBAHAN MENJADI JAM ..."

"GOOD MORNING / AFTERNOON / EVENING SIR / MADAM. I AM .. (nama petugas) FROM MASKAPAI. FOR THE ... (alasan perubahan jadwal penerbangan), REASON,WE APOLOGIZED TO INFORM YOU THAT YOU'RE FLIGHT SCHEDULE TO ... ( tujuan) HAS BEEN CHANGED TO ... (tanggal) AT ... (jam)

3. Apabila frekuensi penerbangan lebih dari satu dan kursi masih tersedia,petugas harus menawarkan alternatif keberangkatan dengan penerbangan maskapai lainnya.

4. Apabila pelanggan tidak berkenan atas perubahan jadwal penerbangan, petugas dapat memberikan informasi mengenai kompensasi sesuai.

5. Akhiri pembicaraan dengan mengucapkan:
"TERIMA KASIH BAPAK / IBU"
"THANK YOU,SIR / MADAM"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar